Unhan dan SKK Migas Jalin Kerjasama Bidang Tridharma Perguruan Tinggi

image
By On Monday, April 17 th, 2017 · no Comments · In

Bogor. Universiimg_8163tas Pertahanan (Unhan) dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana  Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah melaksanakan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, kerjasama ini juga dalam rangka untuk pengkajian dan penerapan teknologi di bidang pengelolaan kegiatan usaha hulu migas.  Penandatanganan Kesepakatan Bersana ini dilakukan oleh Rektor Unhan Letjen TNI Dr. I Wayan Midhio, M. Phil dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, AK, MPA, CISA bertempat di Ruang Serba Guna Gd. Auditorium, kampus Unhan, Kawasan IPSC Sentul – Bogor. (17/4).

 

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Unhan juga menjelaskan sejarah berdirinya Unhan pada tanggal 11 Maret 2009 hingga Unhan memiliki empat Fakultas yaitu, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Teknologi Energi Pertahanan serta mejadapatkan akreditasi ‘A” dari BAN-PT, tahun ini, Unhan juga dalam proses untuk pembentukan program Doktoral.

Rektor menerangkan beberapa fakultas yang ada di Unhan antara lain Fakultas Strategi Pertahanan dengan Program Studi Strategi Perang Semesta (Terakre-ditasi “A”), Program Studi Peperangan Asimetris (Terakreditasi “B”),  Program Studi Diplomasi Pertahanan (Terakreditasi “B”), dan Program kerjasama antara lain Program Studi Strategi dan Kampanye Militer (Terakreditasi), Program Studi Strategi Pertahan Darat (Terakreditasi), Program Studi Strategi Pertahan Laut (Terakreditasi), Program Strategi Pertahan Udara (Terakreditasi)

Untuk Fakultas Manajemen Pertahanan terdiri dari Program Studi Manajemen Pertahanan (Terakreditasi  “B”), Program Studi Manajemen Bencana (Terakreditasi  “B”), Program Studi Ekonomi Pertahanan (Terakreditasi  “B”)

Fakultas Keamanan Nasional meliputi Program Studi Keamanan Maritim (Terakreditasi  “B”), Program Studi Ketahanan Energi (Terakreditasi  “B”), Program Damai dan Resolusi Konflik (Terakreditasi  “A”)

Sementara untuk Fakultas Tehnologi Pertahanan antara lain Program Studi Industri Pertahanan (Terakreditasi) dan yang sedang dalam proses Program Studi Penginderaan, Program Studi Persenjataan serta Program Studi Daya Gerak.

Ditambahkan oleh Rektor Unhan bahwa Unhan sangat mengapresiasi kerjasama dengan SKK Migas, untuk itu, Unhan membuka peluang kepada pegawai yang ada di SKK Migas untuk ikut mengambil program beasiswa di Unhan. Selanjutnya melalui kerjasama ini Mahasiswa Unhan dan Dosen Unhan dapatnya diberi akses melakukan penelitian di SKK Migas, selain itu SKK Migas maupun perusahaan di bawahnya dapat memberi tempat atau akses kepada mahasiswa Unhan yang akan menambah angka kredit maupun melakukan pengabdian kepada masyarakat seperti KKDN atau seminar.

Sementaraimg_8203 itu, Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi, AK, MPA, CISA menyampaikan, Pembentukan SKK Migas ini dimaksudkan untuk pengambilan sumber daya alam minyak dan gas bumi milik negara yang dapat memberikan manfaat dan penerimaan yang maksimal bagi negara untuk sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat.

Saat ini SKK Migas memiliki 277 ladang minyak dan gas di wilay
ah Indonesia, 85 wilayah sedang melakukan eksplorasi, sebagian berada di perbatasan darat dan laut. Oleh karena itu, sumber daya minyak dan gas harus dipelajari bagi intelektual dalam negeri, tujuan agar sumber daya yang ada benar-benar untuk kemakmuran masyarakat Indonesia. Dalam kenyataanya, upaya mengeksplorasi sumber minyak dan gas ini terkadang berbenturan dengan masyarakat. Melalui kerjasa sama antara Unhan dengan SKK Migas ini Unhan dapat mengkaji permasalahan yang ada, sehingga dapat ditemukan solusi agar sumber minyak dan gas yang dikelola oleh SKK Migas ini benar-benar untuk dipergunakan sebesar-besarnya untuk rakyat Indonesia.

Acara penandatangan kerjasama sama ini dibarengi dengan diskusi panelis terkait Teknologi Energi yang menghadirkan nara sumber Kepala SKK Migas dan Kepala Divisi Pengembangan PT Pindad Dr Yayat Ruyat, M.Eng, yang dihadiri oleh mahasiswa Program Studi Ketahanan Energi dan Program Studi Ekonomi Pertahanan serta Ketua lembaga LPPPM Laksda TNI Dr. Ir. Supartono, M.M, Warek III Unhan Bidang Kerjasama dan Kelembagaan Marsma TNI Johny Kadarma, M.A., M.Sc, Karo Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Brigjen TNI Tamsil, M.Si (Han), Karoren dan Ku Unhan Kolonel Arh I Putu Eka Asmara Putra, M.Si (Han), Wadek FMP Marsma TNI  Siswo Pudjiatmoko., S.E., M.Si (Han), dan para pejabat eselon III di lingkungan Unhan. (Irf).

Authentifikasi : Kabag Humas

About Universitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *