Unhan Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional Tahun.2017

By On Thursday, April 27 th, 2017 · no Comments · In ,

 

img_0735Bogor – Universitas Pertahanan (Unhan) Gelar upacara peringatan hari kesiapsiagaan Bencana Nasional tahun 2017 dengan tema ” Membangun Kesadaran dan Kewaspadaan Civitas Akademik Universitas Pelaksanaan dalam menghadapi Bencana Gempa Bumi yang Berakibat Longsor ”

Pelaksanaan kegiatan ini dipimpin oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhan Prof. Dr. Ir. Dadang Gunawan, M.Eng  bertempat di Gd. Auditorium, kampus Unhan, Kawasan IPSC Sentul – Bogor. (27/4).

img_0752
Sebelum acara dimulai seluruh peserta undangan acara menyanyikan lagu Indonesia Raya, menyanyikan lagu Mars Tangguh, dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi Siaga Bencana Universitas Pertahanan diikuti oleh seluruh peserta acara.

Isi Deklarasi Siaga Bencana Unhan adalah Kami Civitas Akademik Universitas Pertahanan sebagai Kader Bela Negara Menyatakan:
Siap menjadi Pelopor Siaga Bencana di manapun kami berada. Berperan Aktif dan Profesional dalam Usaha Penanggulangan Bencana. Mengabdi Sepenuh Hati dan Bertindak dengan Ikhlas berdasarkan nilai – nilai kemanusiaan dalam penanggulangan bencana.

Setelah pembacaan deklarasi siaga bencana dibacakan, acara dilanjutkan dengan penyematan Pin Pelopor Siaga Bencana secara simbolis dari ketua pelaksana Kaprodi Manajemen Bencana Fakultas Manajemen Pertahanan Unhan Kolonel Inf Dr. Tirton Nefianto., S.Sos., M.A.P kepada pimpinan acara Warek I Unhan dilanjutkan penandatanganan Deklarasi Siaga Bencana.

img_0762Dalam sambutan Rektor Unhan yang dibacajan oleh Warek I Unhan menyebutkan, dalam rangka mewujudkan salah satu tujuan nasional bangsa indonesia yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia. Pemerintah memberikan perlindungan kepada segenap warga negara dan seluruh wilayah Indoneisa beserta sumber daya yang ada di dalamnya, yang mencakup perlindungan terhadap keamanan negara, masyarakat, dan warga negara dari segala ancaman. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi untuk meningkatkan pemahaman resiko bencana, yang akan dikemas dalam kegiatan “Latihan Kesiapsiagaan Bencana Nasional” dengan tagline “Siap Untuk Selamat !”

Pencanangan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional akan dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 26 April, diawali pada tahun 2017 sebagi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang pertama kali. Hal ini didasari pertimbangan bahwa pada tanggal 26 April adalah tanggal disahkannya Undang – undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.

Undang – Undang Nomor 24 tahun 2007 adalah perangkat hukum pertama yang merubah paradigma penanggulangan bencana dari responsif ke preventif.

img_0903Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional ini akan dilaksanakan Latihan Kesiapsiagaan Bencana, dengan Fokus kepada Edukasi untuk memastikan tersampaikannya pengetahuan kepada civitas akademika tentang bagaimana merespon ancaman bencana melalui pelaksanaan simulasi kebencanaan dan uji sirine peringatan dini bencana.

Sebelum acara ini di tutup dilaksanakan simulasi penanggulangan bencana dan uji sirine peringatan dini bencana.

Acara ini, dihadiri oleh Pejabat Eselon I, II, III Unhan dan para Kaprodi Unhan serta seluruh Mahasiswa Unhan. (Clr)

Auntentikasi : Kabag Humas Unhan.