Visi Misi

VISI

Pada tahun 2024 menjadi Universitas Pertahanan  berstandar kelas dunia (world class university) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan.

MISI

  1. Mendidik calon pimpinan militer dan sipil yang profesional, inovatif, serta memiliki nilai-nilai perjuangan dan kejuangan yang diperoleh secara empiris akademis melalui program pendidikan pascasarjana.
  2. Me­ngembangankan ilmu pertahanan sebagai interdisipliner antar berbagai keilmuan guna meningkatkan kemampuan sistem pertahanan negara.
  3. Menyelenggarakan sistem pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berbasis mutu.
  4. Menyelenggarakan manajemen dengan pendekatan partisipatif dan kolegial didukung administrasi pendidikan tinggi berbasis mutu yang efisien dan akuntabel.
  5. Melaksanakan kerja sama dengan berbagai instansi dan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri guna peningkatan dan pengembangan keilmuan untuk memperkuat pertahanan negara.
  6. Meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) berdaya saing dalam bidang pertahanan dan bela negara.
  7. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung pembelajaran inovatif dan modern.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan calon pemimpin sipil-militer yang profesional, inovatif, dan memiliki nilai-nilai perjuangan, serta kejuangan yang mampu untuk mensinergikan kebutuhan kesejahteraan masyarakat dengan kepentingan pertahanan dan bela negara.
  2. Menghasilkan dan memberi sumbangan ilmu pengetahuan yang baru dalam bidang kebijakan, manajemen, strategi, dan teknologi pertahanan baik di tingkat nasional maupun international.
  3. Menghasilkan karya pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, sistem kerja terbaru serta kapasitas pertahanan dalam kerangka pengelolaan sistem pertahanan negara.
  4. Menghasilkan sistem tata kelola dan administrasi pendidikan sesuai standar mutu, transparan, berbasis kinerja serta terbangunnya budaya akademik.
  5. Menghasilkan manfaat hubungan kemitraan dan jejaring dengan berbagai instansi dalam maupun luar negeri dalam menunjang Tridharma Perguruan Tinggi.
  6. Terbentuknya sumber daya manusia (dosen dan tenaga kependidikan) yang profesional dan berdaya saing dalam bidang pertahanan dan bela negara.
  7. Tersedianya sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung pembelajaran inovatif dan modern.

MOTTO

Identitas, Nasionalisme, dan Integritas

Moto tersebut mengandung makna sebagai berikut:

  • Identitas bermakna jatidiri bangsa yang dinamis dengan mengacu pada nilai-nilai dasar yang tercantum dalam pancasila dan UUD 1945
  • Nasionalisme bermakna loyalitas tertinggi yang diberikan kepada Negara dan bangsa yang merupakan pencerminan perasaan dan keyakinan bertanah air satu Negara Kesatuan Republik Indonesia, berbangsa satu dan menjungjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, dan
  • Integritas bermakna sikap dan komitmen yang utuh terhadap bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ditunjukan dengan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran.