FAKULTAS MANAJEMEN PERTAHANAN

Fakultas Manajemen Pertahanan adalah salah satu Fakultas pascasarjana di Universitas Pertahanan yang lahir pada tahun 2009 atas dasar tuntutan perlunya analisis pertahanan yang berwawasan luas menghadapi perubahan lingkungan global yang semakin multipolar untuk menghasilkan tenaga peneliti tingkat atas dalam mengembangkan metoda-metoda baru baik di bidang manajemen maupun strategi bidang pertahanan negara. Fakultas Manajemen Pertahanan memiliki 5 (lima) Program Studi yaitu Prodi Manajemen Pertahanan, Prodi Ekonomi Pertahanan, Prodi Manajemen Bencana untuk keamanan Nasional, Prodi Ketahanan Energi, dan Prodi Keamanan Maritim.

 

Program Studi Manajemen Pertahanan

Profil Lulusan :

Menghasilkan Magister Sains bidang Pertahanan, M.Si (Han), yang mampu yang mampu merumuskan dan menerapkan kebijakan tata kelola pertahanan dan keamanan negara dalam kaitannya dengan perkembangan lingkungan strategis, serta mampu berperan sebagai analis, akademisi dan praktisi pertahanan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Waktu Studi : 4 s/d 6 Semester (18 s/d 24)

Beban Studi : 41 sks

 

Program Studi Keamanan Energi

Profil Lulusan :

Menghasilkan Magister Sains bidang Pertahanan, M.Si (Han), yang mampu memimpin, merumuskan dan menerapkan kebijakan tata kelola keamanan energy nasional yang relevan dengan perkembangan lingkungan strategis. Dengan demikian lulusannya mampu untuk berperan sebagai analis, perumus kebijakan, akademisi dan praktisi dalam keamanan energy untuk kepentingan kesejahteraan.

Waktu Studi : 4 s/d 6 Semester (18 s/d 24)

Beban Studi : 43 sks

 

Program Studi Ekonomi Pertahanan

Profil Lulusan :

Menghasilkan Magister Sains bidang Pertahanan, M.Si(Han), yang mapu merumuskan dan menerapkan kebijakan tata kelola pertahanan dalam perspektif ekonomi dihadapkan dengan sumberdaya dan perubahan lingkungan global, serta mampu berperan sebagai analis, akademis dan praktisi pertahanan untuk kepentingan kesejahteraan rakyat.

Waktu Studi : 4 s/d 6 Semester (18 s/d 24)

Beban Studi : 44 sks