Capaian Pembelajaran
Sasaran | Strategi Pencapaian | Indikator |
---|---|---|
Implementasi sistem pembelajaran dan penunjang akademik | 1) Pengembangan metode belajar berfokus pada mahasiswa (Student Centered Learning). | 1) Terselenggaranya proses belajar dengan metode Student Centered Learning (SCL) |
2) Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. | 2) Tersedianya sistem E-Learning | |
3) Peningkatan relevansi bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. | 3) Penggunaan bahan ajar yang terbaru (5 tahun terakhir) | |
4) Peningkatan pengawasan dan monitoring dalam proses pembelajaran. | 4) Adanya evaluasi modul, adanya evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM), adanya evaluasi fasilitator oleh mahasiswa (EFOM) | |
5) Dosen diikutsertakan dalam pelatihan metode mengajar. | 5) 50% dosen pada tahun pertama telah mengikuti pelatihan 12 peran dosen | |
6) Meningkatkan usaha mencapai kompetensi dengan proses pembelajaran yang baik. | 6) Tersedianya kurikulum berbasis KKNI sesuai kekhasan program studi | |
7) Peningkatan pengawasan dan monitoring dalam proses pembelajaran. | ||
8) Menjalin kerjasama dengan institusi Pemerintah dan swasta untuk menunjang kegiatan akademik. | ||
9) Melakukan pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI yang disesuaikan dengan program studi. | ||
10) Peninjauan dengan merumuskan ulang kebutuhan dengan melibatkan stakeholder. | ||
11) Selalu mengikuti perkembangan pasar secara lebih terstruktur. | ||
12) Program studi merumuskan ulang kebutuhan stakeholder secara lebih komprehensif. |
Sasaran | Strategi Pencapaian | Indikator |
---|---|---|
Pengembangan Kurikulum | 1) Melakukan pengembangan Kurikulum Berbasis KKNI yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar. | 1) Tersedianya kurikulum berbasis kompetensi program studi dokter FK Unhan Indonesia |
2) Peninjauan dengan merumuskan ulang kebutuhan dengan melibatkan stakeholder. | ||
3) Selalu mengikuti perkembangan pasar secara lebih terstruktur | ||
4) Merumuskan ulang kebutuhan stakeholder secara lebih komprehensif. | ||
5) Meningkatkan peran stakeholder dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum. | ||
6) Meningkatkan peran segenap sivitas akademika dalam implementasi dan pengembangan kurikulum. |
Sasaran | Strategi Pencapaian | Indikator |
---|---|---|
Pengembangan Penelitian, Publikasi, Tugas Akhir dan Pengabdian Masyarakat (pengmas) | 1) Meningkatkan kemampuan untuk memperoleh dana penelitian. | 1) 10 publikasi nasional dan internasional |
2) Lebih mengefektifkan kerjasama dengan pemangku kepentingan dan konsumen pemakai lulusan. | 2) Berdirinya pusat studi kedokteran militer | |
3) Meningkatkan perolehan dana penelitian atau pengabdian masyarakat dari pihak luar. | 3) Terlaksananya kegiatan pengmas program studi | |
4) Melaksanakan penelitian terhadap berbagai kemungkinan dan mitigasi penyakit baru yang muncul (Emerging Infectious Diseases) | ||
5) Melaksanakan penelitian kedokteran matra darat, laut, dan udara. | ||
6) Melaksanakan penelitian terhadap penyakit-penyakit prajurit TNI (AD, AL dan AU). | ||
7) Membangun Pusat Studi untuk mendukung Prodi Kedokteran Militer. | ||
8) Memfasilitasi kegiatan penelitian bagi dosen dan seluruh Sivitas Akademika agar tercapai penelitian setiap tahun. | ||
9) Menyertakan komponen civitas akademika dalam kegiatan pengabdian masyarakat, yang kegiatannya terintegrasi dengan pelaksanaan praktek lapangan. |